Saturday, April 2, 2016

8 jenis kain polos untuk gamis

8 jenis kain polos untuk gamis
Assalamu’alaikum…

Ini adalah tulisan pertama yang saya buat di blog. Berhubung blog ini judulnya Ramah Textile, jadi bisa ditebak ya, kisaran apa artikel di blog ini nantinya. Tapi jangan khawatir, disamping membahas tentang fabric, blog ini juga akan berisi coretan tentang muslimah, keluarga dan pernikahan. So interest in wedding. Lets start…

Pertama saya akan membahas tentang jenis-jenis kain yang biasa digunakan akhwat atau rumah jahit untuk membuat gamis. Ya memang nggak melulunya bahan ini yang dipakek tapi ini bahan yang umum diketahui oleh halayak. Untuk yang belum tahu, silahkan disimak.

1.       Kain Wolvis
Banyak istilah yang digunakan untuk jenis kain ini. Ada yang bilang kain arab, wolfis, bahkan kata ummahat temen saya, si penjual kain bilang wolvis itu ya twiscoon. Hehe.
Kalau orang bilang wolvis ada tingkatannya tapi bagi saya sama saja. Nggak tahu ya, apa saya yang kurang peka atau bagaimana tapi menurut saya ketebalalnnya sama saja. Nggak tipis juga nggak tebal. Cukupanlah.
Si wolvis ini punya banyak warna. Dari yang soft pastel sampai yang deep dark. Tapi masih kalah kali ya sama jetblack. Hehe.

2.       Kain Arab
Ketemu dua kali sama jenis kain ini. Yang saya rasakan jelas texture kain ini agak kasar. Ketebalan samalah kaya wolvis. Untuk pilihan warna juga banyak varian. Untuk harga masih dibawah wolvis, dikit. Nggak tahu ya kalau ditempat anti.

3.       Kain Sutra Cina
Ini kw-nya sutra cina yang harganya jutaan itu kali ya, makanya namanya sama. Penampakan kain ini agak mengkilat, halus dan tebal. Kalau dipegang menurut saya agak licin tapi pas dipakek untuk khimar segi empat ya nggak licin-licin banget kok. Untuk warna hitamnya bagi saya terasa lebih mirip warna abu-abu, mungkin karena efek shiny-nya. Untuk harga kain ini menang beberapa tingkat diatas wolvis.

4.       Kain Amira
Ini saya baru tahu ada kw nya karena pernah minta bahan ini sama penjahit ternyata ketebalannya jauh berbeda. Harga ya jangan tanya. Si amira asli jauh lebih mahal. Terpaut 7-10rb per meternya. Wuih…
Untuk yang suka kain tebal, ini dia pilihan yang tepat.

5.       Kain Jetblack
Ini kain yang hanya punya satu warna saja. Hitam. Namanya aja jetBLACK. Hehe. Harga sebanding dengan sutra cina, bahkan ada yang lebih murah. Yang beda apanya ya?! Ya kurang tahu ya, penjait yang biasa pegang juga nggak tahu. Hehe. Mungkin ketahanan warnanya atau apanya gitu. Pingin tahu ya coba beli dua-duanya aja. J

6.       Kain Yoris
Ini kain yang punya ketebalan bagus tapi texturenya agak kasar. Mirib kain arab tapi masih tebal yang ini. Varian warna juga banyak dan kalau tanya soal harga tentu ya diatasnya kain arab ya.

7.       Kain Kasandara
Kain ini biasa juga disebut kain rintik hujan. Dinamakan demikian karena memang ada motif benang mengkilat yang putus-putus seperti rintikan hujan. Kata teman saya, ini adalah kain yang paling sohib sama dia. Why? Karena meski nggak disetrika kain ini tetap lurus-lurus aja. Nggak kusut gitu maksudnya. Untuk ketebalan ini kain yang bagi saya masuk kategori tebal.

8.       Kain Wollycrepe
Kain yang bagi saya bertexture cukup kasar dan tipis. Nggak tahu ya kalau ada yang tebel. Tapi dua kali ketemu penampakan kain jenis ini langsung nggak begitu sreg.

Inilah beberapa jenis kain yang biasa digunakan untuk gamis. Disamping itu aga juga yang lagi laik daun si jersy, spandek korea, balotelly dan crepe. Tapi nggak akan dibahas disini ya. Soalnya saya yakin kalau nuruti semua jenis kain yang digunakan untuk gamis nggak bakal kelar semalam suntuk. Hehe

Kain polosan yang biasa digunakan untuk gamis ini bisa kamu dapatkan di Ramah Textile ya…
Untuk info dan pemesanan, silahkan hubungi
Akhwat: admin 1 089. 668. 704579 (sms only)
                admin 2 085. 291. 903.909 (sms only)
Ikhwan: admin 3 085. 725. 264. 717 (sms only)
PIN 5392e432



Happy shopping….

1 comment:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan satin velvet berkualitas untuk membuat gamis dan hijab?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete