Promo

Monday, April 18, 2016

Belanja Kain Online atau Offline?


Terkadang orang sudah berfikir negatif tentang toko online. Ada yang bilang harganya mahal, ada yang bilang paling hanya tipu-tipu, ada juga yang bilang nggak profesional.

Tapi, benarkah demikian?

Dari sejak kecil saya sudah akrab dengan kain (ya meski saat itu nggak ngerti-ngerti amat) karena ibu saya jualan kain. berlanjut ketika saya kuliah dan memutuskan untuk memakai jilbab, saya jadi sering wara wiri ke tukang jait. Setelah itu juga saya sering dapat pesanan untuk bantu teman memesan gamis. dari seringnya wara wiri inilah saya jadi punya sedikit ilmu tentang jenis-jenis kain dan kisaran harga untuk masing-masingnya.

Sebelum saya memulai usaha jual kain online Ramah Textile ini, saya sering buka ttup situs online jual beli kain. Dan benar saja, beberapa toko online membandrol tiap meter kainnya dengan harga ynag jauh dari harapan saya. bisa 25-50% lebih mahal.

Misal sekarang set umbrella kain wolvis plus jilbab cadar tali selutut di penjait saya kisaran 200-an. Di toko online bisa saya jumpai sampai harga 270 rb per setnya. Itu juga belum termasuk ongkir.
Beberapa waktu lalu baca artikel salah seorang bloger yang menulis tentang wedding preparation nya, ia mengatakan harga tile full payet miliknya kala itu (tahun 2014) 390rb per meter. Namun sekarang di Ramah Textile barang serupa hanya seharga 400rb per meter.

Pertanyaannya, kenapa terkadang di toko online  harganya jauh lebih mahal ketimbang offline?

Ya mungkin setiap pengusaha punya pertimbangan tersendiri kenapa mereka menaikkan harganya hingga begitu mahal. Mungkin karena ada biaya tambahan pulsa internet, biaya tambahan untuk domain hosting, sering up date artikel dan mondar mandir toko kain dan tempat jasa pengiriman barang.

Bagaimana dengan toko kain offline?

Hehe, ternyata nggak jauh berbeda kok. Atau bisa di bilang sama saja kalau si pembeli nggak terlalu pandai menawar ataupun kalau si pembeli pandai menawar tapi bukan langganan tetap, harga yang di dapat tetpa sama mahalnya. Kenapa? Harena tiap toko sudah punya patokan harga untuk tiap kainnya. Harga tawaran pertama disetiap kain itu pasti sama. Kalau urusan menurunkan harga tentu tiap tempat punya kebijakan sendiri tapi saya yakin turun harganya nggak jauh-jauh amat.

Dulu saya pernah minta kakak saya cari kain amira. Dimana-mana harga sama. Nggak boleh tawar. Hanya satu tempat saja yang boleh ditawar itupun turun harganya cuma seribu atau dua ribu per meter. Dengan perjuangan keluar masuk kios kain dan capek muter-muter. Hehe.

Pengalaman juga, dulu beli kain tile putih payet pipih harga 55rb per meter tapi setelah sekarang saya punya lnagganan kios kain, harga itu masih terlalau mahal. Bayangkan, 6 tahun berlalu tapi kain saya dulu masih terbilang mahal.

Kenapa begitu?

Mereka toko kain offline berfikir bahwa pembeli yang datang mungkin tidak akan kembali lagi, jadi untuk apa memberi potongan terlalu banyak. Ya, begitulah kira-kira.

Lalu, bagaimana dengan toko kain online Ramah Textile?

Alhamdulillah, saya ketemu dengan salah seorang karyawan yang sudah malang melindang di dunia perkainan selama kurang lebih 20 tahun. saya dapat harga ‘bakul’ dari beliau. ‘Ibug’ juga selalu bilang pasaran harga setiap kain agar saya jualnya nggak kemahalan.

Misal kain katun jepang polos. Ibug bilang pasaran kain ini 40rb per meter. Mau tanya di kios mana saja pasti ngasih harga segitu sama pembeli. Janganharap dapat harga 35rb apalagi 30rb atau setengah harga. Hehe. Dan benar saja, saya ingat dulu pernah beli kain katun jepang polos dapat harga 40rb per m di toko online.

Tapi karena Ramah Textile sekarang menjadi partner dari sebuah brand yang memiliki tujuh cabang kios di kota solo, maka Ramah Textile bisa memberikan harga lebih murah dari harga pasaran toko kain offline. Belum lagi discount untuk pembelian grosir.

Jadi bagaimana? Masih berfikir toko kain online Ramah Textile itu mahal??

Nggak kan?! J

Kalaupun ada satu atau dua barang yang harganya sedikit lebih mahal itu saya rasa biasa. Di toko manapun pasti punya plus minus.


Jadi… Mari belanja Di Toko Kain Online Ramah Textile.



No comments:

Post a Comment